Beranda | Artikel
Bab Menggunakan Bekas Air Wudhu - Kitab Shahih Bukhari (Ustadz Badrusalam, Lc.)
Rabu, 4 April 2018

Bersama Pemateri :
Ustadz Abu Yahya Badrusalam

Bab Menggunakan Bekas Air Wudhu merupakan kajian Islam yang disampaikan oleh: Ustadz Abu Yahya Badrusalam, Lc. dalam pembahasan Kitab Shahih Bukhari. Kajian ini disampaikan pada 12 Jumadil akhir 1439 H / 28 Februari 2018 M.

Download juga kajian sebelumnya: Bab Seseorang Mewudhukan Temannya – Kitab Shahih Bukhari (Ustadz Badrusalam, Lc.)

Kajian Bab Menggunakan Bekas Air Wudhu – Kitab Shahih Bukhari

حدَّثنا عبدُ الر حمٰنِ بنُ يونُسَ قال: حدَّثَنا حاتمُ بنُ إسماعيلَ عنِ الجَعْدِ قال: سمعتُ الساءئبَ بنَ يَزِ يدَ يقولُ: ذَهَبَتْ بي خالتي إلى النبيِّﷺ فقالت: يا رسول الله إنَّ ابنَظرهِ فَنَظَرْ تُ إلى خاتمِ النبوَّةِ بين كتِفَيهِ مِثل زِرِّالحَجَلة

…وَالَّذِينَ اتَّخَذُوا مِن دُونِهِ أَوْلِيَاءَ مَا نَعْبُدُهُمْ إِلَّا لِيُقَرِّبُونَا إِلَى اللَّـهِ زُلْفَىٰ…

“…“Kami tidak menyembah mereka melainkan supaya mereka mendekatkan kami kepada Allah dengan sedekat-dekatnya”. ..” (QS: Az-Zumar[39]: 3)

Hadits ini juga menunjukkan keberkahan badan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam. Dimana As Saaib meminum dari bekas air wudhu Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam. Apakah hal ini boleh diqiyaskan kepada selain Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam? Jawabnya adalah tidak. Karena para sahabat tidak ada satupun yang bertabarruk dengan badannya anak-anak Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam setelah itu.

Kalaulah hal itu bisa diqiyaskan kepada selain Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, tentu para sahabat yang pertama kali melakukannya. Mereka yang lebih paham tentang agama ini. Jadi itu kekhususan untuk Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam karena badan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam tidak bisa disamakan dengan badan yang lainnya. Rasulullah juga diberikan kekuatan yang tidak diberikan kepada manusia biasa. Keringat Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam saja bisa dijadikan minyak wangi.

Download MP3 Ceramah Agama Bab Menggunakan Bekas Air Wudhu – Kitab Shahih Bukhari


Artikel asli: https://www.radiorodja.com/30599-bab-menggunakan-bekas-air-wudhu-kitab-shahih-bukhari-ustadz-badrusalam-lc/